Aplikasi yang dapat mengubah tulisan menjadi suara atau biasa disebut dengan text-to-speech belakangan ini menjadi begitu populer seiring dengan berkembangnya platform user generated content seperti TikTok dan Instagram.

Mengapa Soundoftext TikTok Error?

Buat kamu yang senang barmain TikTok, pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan Sound of Text untuk mengisi audio pada konten TikTok dengan suara robot Google atau TTS. Perlu kamu ketahui, bahwa untuk beberapa tipe pengguna TikTok seperti akun yang berasar dari US (United States), fitur text-to-speech ini sebenarnya sudah built-in dalam aplikasi TikTok. Namun, untuk pengguna dari Indonesia, kamu masih harus bersabar menunggu rilis terkini agar aplikasi TikTok kamu bisa memiliki fitur sound of text.

Artikel terkait: Cara Sound of Text untuk WhatsApp

Sebenarnya, kamu bisa saja membuat text-to-speech untuk TikTok secara manual dengan bantuan situs Soundoftext.com. Sayangnya, jumlah pengguna Soundoftext.com yang sering membludak terutama di akhir pekan membuat aplikasi satu ini sering sekali error. Tidak heran mengapa akhirnya banyak yang bertanya alasan “Kenapa sound of text error?”, tidak lain tidak bukan karena jumlah pengguna yang melebihi kapasitas server Soundoftext.com itu sendiri.

Oleh karenanya, pada tulisan ini, Whitepaper akan sedikit mengulas tutorial singkat dalam menggunakan Soundoftext.com serta aplikasi alternatif yang dapat menggantikan fungsi Sound of text di TikTok dengan kemampuan lebih baik.

Apa itu Soundoftext.com

Sebagaimana namanya, Sound of Text artinya adalah aplikasi yang dapat membuat suara dari sebuah tulisan (teks). Jadi, tanpa harus merekam suara atau berbicara di depan kamera, kamu sudah bisa mendapatkan audio hanya dari teks yang kamu ketikkan di aplikasi ini.

Cara penggunannya pun relatif mudah, kamu cukup mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

  1. Buka Soundoftext.com di browser favorit kamu lewat PC ataupun ponsel.
  2. Ketikkan tulisan yang ingin diubah menjadi suara pada kolom putih yang telah disediakan.
  3. Pilih bahasa pada menu dropdown Voice yang ada dibagian bawah kolom tersebut. Untuk teks bahasa Indonesia, pilih opsi Indonesian.
  4. Tekan tombol submit dan tunggu hingga proses konversi selesai.
  5. Pilih opsi Play untuk memutar suara yang dihasilkan atau klik Download untuk mengunduh audio dalam format MP3.
Download Suara Mp3 Di Soundoftext.com
Download Suara Mp3 Di Soundoftext.com

Tentu tidak sulit melakukan langkah-langkah diatas yang berfungsi untuk men-generate suara dari sebuah tulisan yang kita punya. Dengan cara tersebut, kamu tidak perlu malu ketika mengupload video TikTok dengan suara robot tts karena suara asli kamu tidak akan diketahui oleh orang lain.

Alternatif Lain Jika Soundoftext.com Error

Sebagaimana sudah kami ulas diatas, akibat jumlah pengunjung yang terlalu banyak, terkadang kamu akan kesulitan untuk mengakses situs Soundoftext. Oleh karenanya, berikut beberapa alternatif lain yang bisa kamu gunakan sebagai aplikasi speech-to-text gratisan yang bisa langsung kamu gunakan tanpa harus melakukan pendaftaran ataupun berlangganan.

  • freeTTS – Menjadi salah satu aplikasi speech-to-text yang cukup populer, freeTTS memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh Sound of Text. Keunggulan tersebut terletak pada pilihan model suara yang cukup beragam mulai dari Sound of text pria, wanita, serta intonasi bicara yang berbeda.
Kolom Teks Freetts
Kolom Teks Freetts
  • Botika Online – Sebagai salah satu produk digital karya anak bangsa sendiri, kita patut berbangga karena kualitas suara dalam bahasa Indonesia yang dihasilkan Botika TTS ini bisa dibilang yang terbaik. Sayangnya, mereka hanya menyediakan tools TTS untuk bahasa Indonesia saja dengan dua variasi pengucapan cepat dan standar (profesional).
Kolom Teks Tts Botika
Kolom Teks TTS Botika
  • Voice Maker – Diantara ketiga tools text-to speech yang kami ulas dalam tulisan ini, aplikasi VoiceMaker.in bisa dibilang merupakan TTS dengan pilihan efek dan pengaturan paling komplit. Untuk bahasa Indonesia sendiri, kamu bisa memilih jenis suara dari 5 persona berbeda yang dapat diatur kecepatan bicara, volume, serta voice pitch nya sekaligus. Sayangnya, diantara semuanya, Voice Maker hanya dapat menerima input maksimal 250 karakter setiap kali konversi untuk pengguna tanpa akun login, dan 400 karakter untuk pengguna gratisan.
Kolom Teks Voice Maker
Kolom Teks Voice Maker

Cukup banyak bukan pilihan aplikasi text-to-speech selain Soundoftext yang bisa teman-teman gunakan? Yang terpenting, semua aplikasi TTS yang kami rekomendasikan diatas dapat menyediakan output audio dalam format MP3 sehingga bisa langsung kamu gunakan untuk beragam keperluan seperti:

Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi walaupun fitur sound of text belum tersedia dalam aplikasi TikTok milik kamu, ada banyak alternatif lainnya yang bisa dipakai. Sudah mencoba membuat konten TikTok dengan suara text-to-speech? Langsung saja praktik menggunakan tutorial yang sudah kami jelaskan diatas ya sobat!