Baut kamu yang sudah lama menggunakan internet pasti sudah tidak asing lagi dengan tools bernama Captcha. Sebuah alat yang berfungsi untuk memberikan challenge pada seorang user untuk memastikan bahwa aksi yang dilakukan bukan dibuat oleh robot otomatis melainkan oleh real-human ini diciptakan pada tahun 2000.

Istilah Captcha ini diambil dari bahasa Inggris dengan kepanjangan Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Dengan semakin meningkatnya aktivitas online baik itu manusia maupun bot otomatis yang diciptakan untuk beragam tujuan, kehadiran captcha menjadi sangat vital saat ini. Oleh karenanya, Google sebagai salah satu market leader dalam industri IoT (internet of things) meluncurkan aplikasi reCAPTCHA yang juga direkomendasikan oleh pengusung teknologi ini.

Arti Captcha

Dari ulasan singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa Captcha artinya adalah tools yang dapat memastikan bahwa sebuah aktivitas dilakukan oleh manusia asli dan bukan oleh robot otomatis. Contoh implementasi captcha yang paling umum adalah pengisian formulir, contoh penggunaan reCaptcha yang dapat memverifikasi bahwa formulir tersebut diisi oleh orang dan bukan oleh robot dapat kamu lihat di tautan www.google.com/recaptcha/api2/demo seperti tampilan gambar dibawah ini:

Demo Recaptcha Api2 Dari Google
Demo Recaptcha Api2 Dari Google

Fungsi dari Teknologi Captcha

Adapun implementasi serta fungsi dari adanya Captcha ini tidak hanya terbatas pada pengisian form saja, ada banyak aktivitas daring yang membutuhkan teknologi berbasis captcha sebagaimana beberapa contoh berikut ini:

  • Mencegah adanya komentar spam pada portal berita atau blog
  • Memproteksi registrasi ganda serta akun gratis yang dilakukan berulang oleh robot
  • Memvalidasi sebuah polling yang dilakukan secara online
  • Mencegah perambaan alamat email oleh bot jahat
  • Mengurangi spam serta worms yang dapat mengirim file ataupun email otomatis
  • Mencegah akses ilegal seperti oleh search engine bots dan yang semacamnya
Aplikasi Captcha Untuk Melihat Email Channel Youtube
Aplikasi Captcha Untuk Melihat Email Channel Youtube

Perkembangan Teknologi Captcha

Pada masa awal perkembangannya, validasi captcha dilakukan dengan memasukkan kata acak yang ditampilkan oleh mesin captcha. Seiring perkembangan teknologi, reCaptcha mengimprove sistem validasi lewat gambar atau bahkan cukup dengan mengklik box untuk memunculkan simbol checklist tanda terlewatinya validasi captcha.

Material Robot
Material Robot Captcha

Jika saat ini Anda tertarik memasang captcha untuk platform website, kamu dapat menggunakan api reCaptcha dari Google yang sudah diriris bahkan hingga versi 3 dengan peningkatan sistem validasi berdasarkan scoring. Improvement ini bisa dibilang cukup signifikan dibandingkan captcha versi 2 yang masih mengandalkan challenge yang bisa dibilang masih merepotkan pengguna akhir (end-user).

API reCaptcha dapat langsung kamu buat pada tautan berikut ini: https://www.google.com/recaptcha/admin/create. Kamu hanya perlu mengisi informasi yang diminta dan melakukan submit dengan cara menekan tombol yang ada dibagian bawah pengajuan captcha tersebut. Sekian ulasan dari Whitepaper, semoga membantu sobat semua ayng sedang mempelajari Captcha dan aplikasinya, selamat mencoba!

Tagged in:

,